Disamping proses pelayanan sudah
baik sarana dan prasarana maupun instruktur sudah tersedia dan kami masih
memiliki metode yang unik dan hal ini akan lebih menarik minat siswa dalam
belajar. Yaitu kami dengan memberikan pelajaran tentang molekul, bakteri ,
jamur, mikroba, zat-zat renik lainya.yang terkandung dalam suatu obyek pada
masing zat, baik zat cair, zat gas dan zat padat apapun yang menarik tentang
obyek tersebut kan kami kaji dan kupas bersama tutor/ Pembina yang sudah
berpengalamn tentang dunia sains dan tegnologi tentunya akan memberikan suatu
daya ketertarikan baik dari kalngan pelajar.mahasiawa dan masyarkata umum,
keunikan dari system yang kami buat ini merupakan suatu konsep yang unik dan
berbeda karena bisanya pelajar atau orang yang ingin belajar dan pratek lansung
harus ke laboratourium sekolah, rumah sakit atau punya instasi baik instansi
pemrintah maupun swasta , disamapinhg itu ada waktu-waktu tertentu dalam
menggunakan perlatan laboratorium tersebut dan tidak sepenuhnya menggunakan
vasilitas tersebut dan terdapat diskriminasi bagi seseorang yang tidak termasuk
dalam suatu group atau kelompok sosialnya, dan waktu maupun kuotanya terbatas.
Dari hasil riset di lapangan baik pelajar dan umum belum sepenuhnya mengetahui
tentang pendidikan molekul, mikroba dan mikro orgainsme lainya , dan cara
penngunaan tegnologi mikroskop saja masih belum bisa..dengan baik , oleh karena
itu kami ingin mengembangkan pendidikan formal ini yang akan di kemas menjadi
sebuah icon wisata yang menarik untuk di kunjungi, selain itu juga akan
memberkan manfaat untuk pelajar dan masyarkat umumnya untuk melek akan
ilmupengetahuan dan tegnolagi,
Salah satu keunikan Moleclar tourism/ wisata molekul ini terletak pada
salah satu deferensiasi baik di lihat dari cara pebelajaran tentang sains yang
unik dan menyenangkan dan tentunya tak kalah uniknya lagi . wisata imolekul ini
berlokasi di sebuah pendopo jawa yang menampilakan budaya adat istiadat jawa
tengah, hal ini menjadi cirri khas bagi kami yang pada umunya pembelajran/
praktikum olekul ini pada laboratotium sekolah tetapi kami ingin menggunakan
rumah pendopo jawa sebagai tempatnya hal ini di harapkan bisa menjasi
laboratorium masyarakat.guna menimba ilmu dari apa yang disampaikan oleh tutor
kami dan juga mrmpraktekan langsung sebuah penelitian ilmiah tentang dunia
sains
Secara teknis jasa yang di terapkan dalam wisata ini tebagi menjadi 2 kategori,
Kategori yang pertama yaitu untuk
menerapkan pembelajaran wisata molekul ini dengan menyediakan tutor / pengajr
yang ahli di bidang sains baik kimia, fisika dan biologi dan juga menyediakan
peralatan pendukung seperti mikroskop digital Olympus, kamera, kamputer/laptop,
proyektor , perlengkapan lab , obyek yang kan di bahas atau di kaji , pada
prinsipnya tema yang kan di tentukan tentang obyek yang kan di teliti atau di
bahas bisa dari team devisi pendidkan kami ataupun juga bisa dari pengunjung
sendiri, kami ingin sekali memperkenalakanpembelajran molekul maupun mikroba ke
anak TK-SD –SMP-SMA-mahasiswa danmmasyarakat umum, sayangnya pengenalan tentang
pendidikan wisata molekul dan mikroba belum di terpakan untuk anak usia dini
baik TK maupun SD…, malah anak2 TK-SD lebih akrab dengan tv dan plays station
hal ini yang membuat pengetahuan tentang alam sekitar menjadi tehambat akibat
tidak ada pembiasaan sejak dini, untuk itu kami ingin memperkenalkan wisata
molekul ini bukan untuk pelajar-masyarkat umum tetapi kami kan melayani dari
anak usia dini supaya mereka tau dan mengenal..tentang fungsi dan keguanaanya
setiap hari, lalu bagaimana caranya bisa menarik anak-anak tk-sd..untuk
mencintai ilmu pengetahan dan tegnologi,? Salah satunya dengan mendirikan wisat
pembelajaran molekul dan mikro organisme lainya…untuk tegnisnya . kami ingin
menampilakan sebuah obyek yang kan di teliti dan di kaji dalam layar lebar
menggunakan proyektor, sehingga tampilan yang di hasilakan lebih besar dan
mudah di pahami oleh anak-anak. Sebuah slide specimen yang di lihat melaui
mikroskop kemudian di proyeksikan kelayar besar dan dengan menempakan slide ke
bawah mikroskop dan menjelaskan atau mendiskusikan informasi yang rinci ke
ruangan besar sehingga maksud dari apa yang di kaji maupun di praktekan
langsung mudah untuk dipahami, selain itu juga bersaman dengan pengjaran
tersebut kami akan menampilkan animasi maupun music, nada yang khas , hal ini
bertujuan agar suasana tidak membosankan dan menarik apalagi kalau yang
berkunjung anak-anak..dengan dekorasi tempat yang bersifat khas rumah jawa dan
dengan di dukung oleh tutor/ pengajar yang professional, peralatan mokroskop
yang canggih dan memdahi, perlangkapan laboroatotium yang lengkap, buku-buku
sains dan tegnologi pendkung, animasi dan suara/ nada yang khas, metode dan
unik, pembelajran yang aktif dan menyenangkan dan layanan yang kami terapkan
turut menentukan suksesnya wisata ini
0 comments:
Post a Comment